Kamis, 26 Agustus 2010

Mengatasi Grogi Saat Presentasi !!!

TIPS MELAKUKAN PRESENTASI

Ada yang bilang presentasi itu sulit???
Tentu tidak bila anda bisa mengetahui penyebab dan solusi menanggulanginya…
Perasaan gugup ataupun cemas bisa sketika timbul saat kita melakukan presentasi didepan orang banyak. Hal tersebut mungkin juga disebabkan karena ketidaksiapan kita mempresentasikan materi tesebut. Kegagalan dalam presentasi juga dapat disebabkan kurangnya pengalaman yang cukup tentang presentasi.
Berikut kondisi yang mungkin anda alami saat anda melakukan presentasi :


1.       Pengalaman Pertama
Pengalaman pertama begitu menggoda… selanjutnya terserah anda…
Hahaha… mungkin hal ini akan menjadi hal yang paling berkesan di hidup anda bila presentasi pertama anda didepan orang banyak berlangsung dengan baik. Itu sih wajar, tapi jika tidak??? 

"Akan terkenang sebagai kenangan buruk seumur hidup!"
Itu Jawabannya

SOLUSI :
Hal yang paling penting menghadapi situasi ini adalah tetap tenang agar materi yang anda kuasai tidak menguap alias lupa mendadak. Untuk membantu, pandanglah wajah peserta presentasi dengan fokus diantara matanya saat melakukan komunikasi dengan catatan tidak langsung menatap ke matanya karena mungkin akan membuat anda makin gugup.

2.       Presentasi di Depan Petinggi atau Yah, Bisa dibilang  Atasan atau Orang yang Profesional
Wah gawat nih bisa kena hajar jika gagal……
Ah nyantai gan,,,

SOLUSI :
·         Jangan terlalu memikirkan bagaimana membuat peserta terkagum-kagum dengan presentasi anda, umumnya ini dilakukan orang tapi kenyataanya membuat lebih tidak percaya diri.
·         Jangan pernah bingung menggunakan teknik apa atau kata-kata apa yang akan digunakan, anggaplah anda hadir untuk berbagi sesuatu dan bukan untuk mengajari mereka sesuatu.

3.       Mendapatkan Pertanyaan Sulit
Pertanyaan merupakan hal yang lumrah dalam sebuah presentasi, pertanyaan dapat dikatakan suatu indikator keberhasilan anda melakukan presentasi nantinya. Bagi para peserta pertanyaan  merupakan tahap untuk memahami hal yang anda sampaikan ke tahap mengerti.

SOLUSI :
·         Inilah peran penting penguasaan suatu materi yang anda sampaikan, tetap tenang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
·         Hindarilah perdebatan panjang yang dapat memancing emosi karena dapat membuat anda semakin gugup.

Selamat mencoba dan sukses.




Sumber Inspirasi : SRIWIJAYA POST Minggu, 7 Juni 2009 Hal 5

1 komentar: